Membuat Touch Sensor menggunakan LED pada ESP32


Halo semua !!!
Kembali lagi bersama saya Daniel Hutabalian. Kali ini saya akan berbagi ilmu berikutnya yang saya dapatkan dari ESP32 yaitu membuat sensor sentuh ESP32 menggunakan LED. Sensor sentuh yang digunakan adalah sensor sentuh yang dimiliki oleh ESP32 itu sendiri (sensor internal). Berikut akan dijelaskan bagaimana proses pembuatannya.


Sebelum menjelaskan prosesnya, saya akan bercerita terlebih dahulu bagaimana pengalaman saya hingga dapat membuat lampu ini menyala.  Pada artikel sebelumnya, saya sudah berbagi informasi tentang bagaimana cara membuat LED Blink dengan LED internal dalam ESP32. Pada artikel kali ini, dibutuhkan alat-alat tambahan agar dapat membuat sensor sentuh yang menggunakan LED eksternal. Oleh karena itu, saya bergegas membeli alat tambahan yang diperlukan pada keesokan harinya setelah tugas ini diberi oleh dosen saya. Saya pergi mengunjungi toko elektronik yang paling dekat dengan kampus saya. Untungnya, toko elektronik tersebut buka dan saya langsung membeli alatnya, Semua alat yang saya butuhkan tersedia di toko tersebut. Saya langsung bergegas membayarmya dan langsung mencobanya di kos. Berikut alat - alat tambahan yang diperlukan untuk membuatnya.

1. Kabel USB Type A to Micro USB dan ESP32



2. Breadboard



3. Lampu LED



4. Kabel Jumper Male to Male



5. Kabel Jumper Male to Female



6. Resistor 330 Ohm



Pertama kali mencoba, saya gagal untuk menghidupkan lampu LED nya. Walaupun sensor nya sudah saya sentuh, lampu LED nya tetap tidak menyala. Saya mencoba mencari kesalahan apa yang terjadi. Saya memeriksa kembali susunan rangkaiannya apakah sudah benar atau belum. Ternyata rangkainnya sudah benar. Saya mencoba mengganti breadboardnya karena breadboard yang saya gunakan adalah breadboard yang sudah lama tidak saya pakai. Untungnya, saya sudah membeli breadboard baru dan saya langsung mencobanya. Saya menyusun kembali rangkaiannya dan hal yang sama pun terjadi. Saya mencob terus mencari kesalahannya sampai akhirnya saya menemukan kesalahannya. Ternyata yang bermasalah adalah kabel jumper Male to male yang sudah agak rusak. Ketika saya goyang, lampu LED menyala dan jika tergoyang lagi, lampu LED nya langsung mati. Saya langsung mengganti kabel nya dengan yang lain dan lampu LED nya berhasil menyala. Akhirnya, saya berhasil melakukan tugas ini. Berikut saya tampilkan bagaimana proses yang saya lakukan hingga berhasil menyalakan lampu LED nya.

1. Sambungkan ESP32 ke PC kalian menggunakan Kabel USB Type A to Micro USB.



2. Susun rangkaian dengan menggunakan Breadboard seperti skema dibawah ini. Dalam kasus ini, saya menggunakan GPIO 16 untuk menghubungkan ESP32 ke lampu LED.




3. Masukkan program sebagai berikut ke dalam aplikasi Arduino IDE yang sudah kalian miliki.



4. Setelah berhasil mengupload program, coba buka Tools -> Serial Monitor pada aplikasi Arduino IDE tersebut. Coba sentuh kabel yang menjadi sensornya sesuai dengan skema diatas dan lihat bila ada angka keluar dan terdapat perbedaan yang signifikan ketika kalian menyentuhnya dan tidak, maka program kalian sudah bekerja pada ESP32.

5. Lihat Lampu LED kalian dan sentuh kabel yang menjadi sensornya. Bila lampu LED berhasil menyala, maka rangkaian kalian telah benar dan kalian telah berhasil membuat sensor sentuh dengan indikator Lampu LED eksternal. Jika lampu belum menyala, lihat kembali serial monitor kalian. Jika angka menunjukkan perbedaan angka yang signifikan ketika kalian memegang kabel sensornya dan tidak, maka program telah berhasil tetapi terdapat kesalahan pada rangkaian yang kalian susun atau terdapat alat yang rusak dalam rangkaian tersebut



Sekian dulu artikel kali ini dari saya. Terimakasih buat semua teman - teman semua yang membaca artikel sederhana yang saya buat ini. Bila ada pertanyaan, bisa berkomentar di bawah. Mudah- mudahan saya dapat membantu memecahkan masalah kalian. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian dan sampai jumpa di artikel bermanfaat berikutnya.


See you !!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Weather Station Visualization with ESP32

Membuat LED Blink pada ESP32

Cara Menggunakan I2C Display dengan ESP32