Membuat LED Blink pada ESP32

Halo teman-teman !!
Kembali lagi bersama saya Daniel Hutabalian. Kali ini saya akan berbagi mengenai proyek saya tentang ESP32. Apa itu ESP32 ? ESP32 adalah SoC (System On Chip) Microcontroller. Saya juga belum terlalu mengerti tentang cara kerja ESP32 karena saya juga masih baru belajar dari dosen saya mengenai cara penggunaan ESP32. Oleh karena itu, sekarang ini saya akan membagikan kisah saya hingga saya berhasil menjalankan program LED Blink pada ESP32.

Awalnya saya bingung ESP32 yang dibutuhkan itu berapa pin karena ESP32 mempunyai berbagai variasi pin. Contohnya ada yang 30 pin, 36 pin dan lain sebagainnya. Kemudian, ESP32 yang dibutuhkan ternyata dibebaskan untuk jumlah pinnya. Hanya saja untuk yang 36 pin agak sedikit tricky karena ada beberapa hal yang harus dilakukan pada ESP32 agar program yang dimasukkan tidak error. Kemudian, saya berencana untuk membeli ESP32 yang 30 pin karena cara pakainya yang cukup sederhana.

Di Bandung, terdapat toko elektronik yang menjual ESP32. Sehabis pulang kuliah pada satu hari, saya pergi ke toko tersebut untuk membeli ESP 32 nya. Ternyata toko elektronik tersebut tutup karena saya datang pada saat jam operasionalnya telah selesai. Keesokan harinya, saya pulang kuliah agak siang. Saya buru-buru langsung berangkat ke toko tersebut agar tokonya tidak tutup. Ternyata hal yang sama terulang, tokonya tutup kembali. Saya juga bingung kenapa tokonya sudah tutup padahal jam untuk beroperasinya belum berakhir. Keesokan harinya, saat pagi menjelang siang, saya pergi kembali ke toko tersebut. Dan saya juga kaget karena tokonya masih juga tutup. Karena saya bingung harus mencari kemana lagi, saya akhirnya memutuskan untuk membeli barang tersebut lewat toko online. Saya mencari toko online yang paling terpercaya dan sesuai dengan ESP32 yang saya butuhkan. Akhirnya, saya menemukan sebuah toko online yag=ng terletak di Depok. Tanpa berpikir panjang, saya langsung membeli alat tersebut. Keesokan harinya, barang tersebut sampai di kos saya. Saya langsung mencoba barang tersebut apakah bekerja atau tidak. Ternyata barang tersebut bekerja. Saya sangat senang karena akhirnya ESP32 yang saya inginkan akhirnya berada di genggaman saya.

Saya pun akhirnya memulai mencoba tugas pertama saya yaitu membuat LED Blink pada ESP32. Alat-alat yang dibutuhkan adalah :
          1. Development Board : ESP32 ( Yang dipakai disini adalah DEVKIT V1 30 pin )



          2. Kabel USB Type A to Micro USB, digunakan untuk jalur komunikasi antara komputer dengan ESP32 dan juga sebagai sumber daya dari ESP32 tersebut


          3. Komputer yang sudah terdownload aplikasi Arduino IDE. Dan juga telah terdownload konfigurasi paket ESP32 agar dapat memasukkan program ke ESP32 dari aplikasi Arduino. Selain itu, dibutuhkan juga driver untuk Setting Communication Port dari USB ke UART (Mac OS)




Ketika mulai mengerjakan, saya awalnya mendownload hal-hal yang diperlukan yaitu Arduino IDE dan konfigurasi ESP32 pada aplikasi Arduino IDE. Sampai sini semua berjalan dengan lancar. Saya mulai mengalami kebingungan ketika memilih portnya. Pada pilihan portnya terdapat 3 pilihan yaitu COM5, COM6, dan COM8. Saya pun bingung dan mulai menonton referensi dari Youtube. Saya menonton beberapa video tetapi tidak juga mendapatkan pencerahan. Karena kebingungan saya, akhirnya saya mencoba satu- persatu port yang terdapat pada aplikasi terssebut. Dan akhirnya, programnya berhasil berjalan pada Port COM8 dan Lampu LED dalam ESP32 pun berhasil menyala dan berkedip. Berikut langkah-langkah yang saya lakukan agar dapat membuat lampu LED pada ESP32 menyala dan berkedip.

1. Sambungkan ESP32 ke komputer menggunakan kabel type A to Micro USB yang sudah disiapkan tadi. Akan ada lampu berwarna merah menyala dari ESP32 bila sudah tersambung ke komputer.



2. Buka aplikasi Arduino IDE dan buka menu Tools. Ubah Board ke "DOIT ESP32 DEVKIT V1". Dan port sesuaikan dengan komputer kalian.




3. Berikut adalah program yang digunakan untuk membuat lampu LED berkedip pada ESP32.



4. Compile program tersebut dengan mengklik tanda ceklis di bagian sudut kanan, di bawah menu File.



5. Setelah selesai, Upload programnya ke ESP32 dengan cara klik tanda panah ke kanan disamping tanda ceklis tadi. 



6. Jika berhasil mengupload, maka lampu LED berwarna biru akan menyala dan berkedip dari ESP32.



Nb : Pada Windows, jika belum berhasil mengupload coba ganti port ke yang lain, yang tertera di aplikasi tersebut. Cobalah port hingga salah satunya berhasil.

Sekian dulu informasi dari saya teman-teman. Bila ada pertanyaan atau kendala silahkan berkomentar di kolom komentar yang tersedia di bawah. Apapun pertanyaan dari kalian akan saya usahakan untuk menjawab dan membantu kalian memecahkan masalah kalian. Sebagai penutup, saya ucapkan terimakasih buat teman-teman semua yang sudah membaca dan sampai jumpa di artikel blog berikutnyaa !!! ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Weather Station Visualization with ESP32

Cara Menggunakan I2C Display dengan ESP32