Pembuatan Sensor Cuaca Menggunakan BME280 Weather Sensor dan ESP32

Hallo semua !!!
Kembali lagi bersama saya Daniel Hutabalian. Pada artikel kali ini, saya akan membahas hal yang lebih menarik lagi dibandingkan dengan artikel sebelumnya. Sesuai dengan judul, saya akan membahas tentang cara menggunakan sensor cuaca BME280 dengan bantuan ESP32. Cara pembuatannya cukup mudah karena alat yang dibutuhkan juga cukup sedikit. Sebelum memberitahu alat-alat yang dibutuhkan, saya akan bercerita sedikit bagaimana saya bisa mendapatkan alat-alat ini.

Setelah tugas ini diberikan, saya berpikir untuk langsung membeli alat-alat yang dibutuhkan. Beberapa hari setelah tugas ini diberikan, saya memiliki waktu senggang untuk membeli alat tersebut. Seperti biasa, saya langsung pergi ke toko elektronik di dekat kampus saya. Awalnya saya membeli sensor cuaca BMP280. Saya pun pulang ketika sudah membeli alat-alat tersebut. Pada BMP280, dibutuhkan penyolderan karena ada bagian yang harus digabung. Kebetulan, saya mempunyai solder. Jadi, saya langsung menyolder alat tersebut. Tetapi, ketika saya menyolder, terjadi kesalahan yang menyebabkan alat tersebut rusak. Akhirnya saya berencana membeli yang baru dan pergi ke toko tadi. Ternyata, tokonya sudah tutup dan saya langsung mencari toko lain. Saya menanyakan kepada teman saya apakah ada toko lagi yang masih buka. Akhirnya dia menyarankan toko yang cukup jauh dari kos saya tetapi toko tersebut bisa mengantarkan barangnya. Tanpa berpikir panjang, saya langsung meminta kontak tokonya kepada teman saya itu dan langsung menghubungi toko tersebut. Saya melihat artikel dan video di Youtube bahwa banyak yang menggunakan BME280. Saya akhirnya memutuskan membeli BME280. Setelah barangnya sampai, saya langsung mulai mengerjakan nya dan akhirnya saya berhasil membuat sensor cuacanya. Berikut adalah alat - alat yang dibutuhkan.

1. BME280 Weather Sensor



2. ESP32 (Yang digunakan disini adalah DEVKIT V1 30 pin) dan kabel USB Type A to MicroUSB



3. Kabel Jumper Female to Female



4. PC/Laptop yang sudah terinstal Arduino IDE

Setelah semua alat - alat diatas telah siap, berikut adalah proses pembuatan yang saya lakukan hingga berhasil menjalankannya.

1.  Hubungkan PC/Laptop dan ESP32 menggunakan kabel USB.



2. Hubungkan ESP32 ke BME280 Weather Sensor dengan menggunakan kabel Jumper yang telah disediakan. Susun dengan skema seperti pada gambar di bawah ini.




3. Masukkan kode program berikut ke aplikasi Arduino IDE dan lakukan Compile




4. Upload programnya. Setelah berhasil mengupload, buka Serial Monitor dari Tools -> Serial Monitor atau bisa langsung menekan tombol Ctrl + Shift + M secara bersamaan.



5. Pada serial monitor, akan muncul suhu, tekanan, dan kelembapan yang menandakan kita telah berhasil membuat sensor cuacanya.



Note : Perhatikan letak GPIO 21 dan GPIO 22 dari ESP32 kalian. Karena ESP32 yang 36 pin dan 30 pin memiliki letak GPIO tersebut yang berbeda. Sehingga, di atas saya telah menyediakan skema ESP32 30 pin untuk melihat letak GPIO 21 dan 22 karena yang diatasnya adalah menggunakan ESP32 yang 36 pin.

Sekian lah informasi dan pengetahuan yang dapat saya bagikan pada artikel kali ini teman-teman. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua sehingga dapat menambah ilmu dan pengalaman kita semua. Untuk teman-teman semua yang telah membaca artikel ini, saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya !!!^^

Sumber/Referensi :
https://randomnerdtutorials.com/esp32-bme280-arduino-ide-pressure-temperature-humidity/
https://randomnerdtutorials.com/getting-started-with-esp32/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Weather Station Visualization with ESP32

Membuat LED Blink pada ESP32

Cara Menggunakan I2C Display dengan ESP32